
Ketua Program Studi Kebidanan S1
Sri Yunita Suraida Salat, S.ST., Bdn., M.Kes
VISI
Terwujudnya Program Studi Pendidikan Profesi Bidan berdaya saing global di bidang kesehatan dan pemberdayaan perempuan, moralitas, kewirausahaan berkarakter kebangsaan dan berbasis kearifan lokal
MISI
- Menyelenggarakan Tatakelola Program Studi Pendidikan Profesi Bidan yang Sehat dengan Prinsip good governance;
- Menyelenggarakan Pendidikan Dan Pengajaran bermutu Untuk Menghasilkan Lulusan Bidan Yang Kompeten, Kompetitif Dan Profesional dengan pemberdayaan kesehatan perempuan yang berbasis kearifan lokal.
- Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian masyarakat serta publikasi ilmiah yang berkontribusi terhadap peningkatan IPTEK dan inovasi dengan pemberdayaan kesehatan perempuan yang berbasis kearifan lokal.
- Menjalankan kerjasama kemitraan dengan institusi pemerintah, perguruan tinggi dan swasta di dalam maupun di luar negeri.
CPL Prodi :
Aspek Sikap
- S1 Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan Mampu Menunjukkan Sikap Religius
- S2 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;
- S3 Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dan memiliki jati diri bangsa;
- S4 Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
- S5 Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- S6 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
- S7 Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- S8 Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- S9 Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
- S10 Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
Aspek Pengetahuan
- PP1 Menguasai konsep teoritis ilmu kebidanan, manajemen asuhan kebidanan, keputusan klinis, model praktik kebidanan dan etika profesi secara mendalam
- PP2 Menguasasi konsep teoritis ilmu obstetric dan ginekologi serta ilmu kesehatan anak secara umum
- PP3 Mengasai konsep teoritis ilmu biomedik, biologi reproduksi dan biologi perkembangan yang terkait dengan siklus kesehatan reproduksi perempuan dan proses asuhan.
- PP4 Menguasai konsep teoritis ilmu ekonomi kesehatan, politik kesehatan, kebijakan public dibidang kesehatan, sosiologi dan antropologi kesehatan, epidemiologi dan biostatistik kesehatan masyarakat secara umum
- PP5 Menguasai konsep teoritis ekologi manusia secara umum dan konsep teoritis psikologi perkembangan dan ilmu perilaku secara mendalam terkait asuhan kebidanan sepanjang siklus reproduksi perempuan dan proses adaptasi menjadi orang tua.
- PP6 Menguasai konsep teoritis gizi dalam siklus reproduksi perempuan secara umum
- PP7 Menguasai konsep dasar, prinsip, dan tekhnik bantuan dasar
- PP8 Menguasai konsep teoritis keterampilan dasar praktik kebidanan secara mendalam
- PP9 Menguasai konsep umum ilmu kesehatan masyarakat
- PP10 Menguasai konsep umum patofisiologi yang terkait dengan asuhan kebidanan
- PP11 Menguasai prinsip hokum peraturan dan perundang-undangan yang terkait dengan pelayanan kebidanan secara umum
- PP12 Menguasai konsep teoritis komunikasi efektif, pendidikan kesehatan, promosi kesehatan dan konseling serta penggunaan tekhnologi dan system informasi dalam pelayanan kebidanan secara medalam.
- PP13 Menguasai konsep teoritis manajemen dan kepemimpinan secara umum
- PP14 Menguasai konsep teoritis penelitian dan evidence based practice dalam praktik kebidanan
Aspek Keterampilan Umum
- KU1 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
- KU2 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
- KU3 Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
- KU4 Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
- KU5 Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
- KU6 Mampu memelihara dan mengembang-kan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
- KU7 Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
- KU8 Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan
- KU9 Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
Aspek Keterampilan Khusus
CARE PROVIDER
- KK 1 Mampu mengaplikasikan keilmuwan kebidanan dalam menganalisis masalah dan memberikan petunjuk dalam memilih alternative pemecahan masalah pada lingkup praktik kebidanan meliputi asuhan pranikah, prakonsepsi, kehamilan, persalinan, nifas, BBL, bayi, anak balita, anak prasekolah, kesehatan reproduksi (remaja, PUS dan perimenoause serta pelayanan KB)
- KK 2 Mampu mengidentifikasi secara kritis penyimpangan/ kelainan sesuai lingkup praktik kebidanan
- KK 3 Mampu mendemonstrasikan tatalaksana konsultasi, kolaborasi dan rujukan
- KK 4 Mampu mendemonstrasikan penanganan awal kegawatdaruratan maternal neonatal sesuai standar mutu yang berlaku
- KK 5 Mampu menerapkan berbagai teori kontrasepsi termasuk AKDR dan AKBK
- KK 6 Mampu mendemonstrasikan pencegahan infeksi, pasien safety dan upaya bantuan hidup dasar
- KK 7 Mampu mendemonstrasikan pendokumentasian asuhan kebidanan sesuai standar yang berlaku
COMMUNICATOR
- KK 8 Mampu mengembangkan KIE dan promosi kesehatan yang berhubungan dengan kesehatan perempuan pada tahap perkembangan siklus reproduksinya dengan menggunakan hasil riset dan tekhnologi informasi
COMMUNITY LEADER
- KK 9 Mampu menerapkan teori manajemen kebidanan komunitas yang berbasis pada partisipasi masyarakat untuk menyelesaikan masalah melalui pendekatan interprofesional
DECISION MAKER
- KK 10 Mampu mengaplikasikan teori dan praktek pengambilan keputusan dan manajemen dalam pelayanan kebidanan sesuai kode etik
MANAGER
- KK 11 Mampu medemonstrasikan langkah- langkah manajemen pelayanan kebidanan
Penerimaan Mahasiswa Baru
Anda ingin menjadi mahasiswa/i di Fakultas Ilmu Kesehatan ? segeralah mendaftar sekarang juga