Pengabdian Kepada Masyarakat “PENDAMPINGAN IBU NIFAS DALAM PEMBERIAN ASI EKSLUSIF”

Fakultas Ilmu Kesehatasn Universitas Wiraraja membantu dalam menyukseskan program ASI EKSKULUSIF melalui kegiatan Pengabdian Masyarakat dengan judul “PENDAMPINGAN IBU NIFAS DALAM PEMBERIAN ASI EKSLUSIF” yang dilaksanakan oleh Sri Yunita Suraida Salat, S.ST.,M.Kes. (Dosen D3 Kebidanan) dan Arisda Candra Satriaawati, S.ST.,M.Tr.Keb. (Dosen S1 Kebidanan).

Arisda Candra Satriaawati, S.ST.,M.Tr.Keb. bersama dengan salah satu ibu nifas warga marengan laok

Pengabdian ini dilaksanakan sejak bulan Juni sampai dengan bulan Agustus 2021 di Desa Marengan Laok Kec. Kalianget Kabupaten Sumenep. Dalam pelaksanaannya, pengabdi dibantu 4 masiswi Prodi D3 Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Wiraraja guna memberikan pengalaman secara langsung kepada mahasiswa dalam melakukan pendampingan kepada ibu nifas untuk menyukseskan program ASI Eksklusif.  Pendampingan ini dilakukan pada 13 ibu nifas yang ada di Desa Marengan Laok. Dari 13 ibu nifas yang dilakukan pendampingan ditemukan beberapa kesulitan yang dialami ibu dalam pemberian ASI kepada bayinya seperti kurangnya dukungan keluarga, persepsi ibu tentang ASInya yang kurang lancar, teknik menyusui ibu yang masih kurang tepat.

Sri Yunita Suraida Salat, S.ST.,M.Kes. bersama dengan salah satu ibu nifas warga marengan laok

Dari permasalahan yang ada, para pengabdi melakukan beberapa asuhan dan konseling untuk membantu ibu nifas menyelesaikan masalah yang dihadapi.  Setiap ibu nifas mendapatkan beberapa kali  kunjungan dalam pendampingan untuk memastikan serta membantu ibu dalam menyelesaikan kesulitan yang dialami sehingga pada akhirnya ibu tetap dapat memberikan ASI pada bayinya.  Pada akhir pengadian yang dilakukan diperoleh hasil 84,6% ibu nifas masih tetap memberikan ASI saja kepada bayinya tanpa makanan tambahan lainnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas